Beberapa Penyakit yang Disebabkan Oleh Bakteri

Bakteri adalah makhluk hidup yang unik dengan ukuran tubuh yang sangat kecil yang disebut mikroorganisme. Keberadaan bakteri melimpah di Bumi sebagian berguna dalam kehidupan, misalnya, bakteri di usus besar yang mendukung proses pencernaan makanan dan mengusir mikroba berbahaya. Tetapi di sisi lain, ada beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri umumnya menular dan berbahaya bagi manusia. Bakteri jahat dapat menembus melalui makanan dan minuman atau kontak dengan kulit manusia.

Penyakit yang ditimbulkan juga bervariasi, mulai dari yang ringan sampai yang parah dan bahkan risiko kematian yang tinggi. Oleh karena itu perlu pemahaman yang baik tentang penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini. Tujuannya adalah bahwa ketika penyakit ini endemik, masyarakat dapat menghindari penyebab dan meminimalkan risiko. Berikut ini adalah ikhtisar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Tuberkulosis (TBC)
    TBC atau sering disingkat TBC atau TBC adalah penyakit menular yang tersebar luas di seluruh dunia. Selain itu, TB dapat dengan mudah ditularkan melalui sekresi batuk pada pasien di udara. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini cukup ganas dan sulit disembuhkan. Dibutuhkan 6 bulan hingga 1 tahun untuk menjalani perawatan TBC yang lengkap dan mulus.
  2. Tipes
    Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang tenu saja biasanya menyebar melalui makanan yang sudah terkontaminasi. Penyakit yang satu ini umumnya menyerang pada anak-anak yang kurang dirawat dengan kebersihan lingkungan dan makanan. Anak-anak juga lebih rentan karena sistem kekebalan yang mereka miliki tidak lengkap.
  3. Diare
    Diare adalah penyakit yang sering dialami, terutama pada anak-anak. Ditandai dengan sakit perut dan tinja atau tinja yang longgar serta lebih sering buang air besar. Penyakit ini umumnya dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan obat diare di apotek atau dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti daun jambu biji. Namun, perhatian serius diperlukan jika diare terjadi lebih sering dan tidak bersamaan dengan obat diare biasa.
  4. Kolera
    Kolera adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran pencernaan yang menyebabkan pasien mengalami diare dan dehidrasi parah. Jika tidak dirawat dengan baik, penyakit ini bisa berakibat fatal, terutama pada anak-anak.
  5. Disentri
    Penyakit ini, yang menginfeksi usus dan menyebabkan diare, disertai dengan darah dan lendir, dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Disentri disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella di saluran pencernaan. Ada berbagai jenis Shigella yang dapat menyebabkan disentri, yang paling umum adalah jenis Shigella sonnei, sedangkan jenis Shigella dysenteriae menyebabkan disentri yang paling parah. Kurangnya kebersihan memastikan bahwa bakteri ini terkontaminasi dengan makan atau minum.
  6. Difteri
    Difteri mempengaruhi selaput lendir leher dan hidung, terkadang juga pada kulit. Penyakit ini sangat menular dan, jika tidak ditangani dengan benar, bisa berakibat fatal dan bahkan mengancam jiwa. Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae yang dihirup melalui udara dengan bersin atau batuk.
  7. Pneumonia
    Penyakit yang menyerang paru-paru dan lebih dikenal dengan penyakit paru-paru basah menyebabkan pembengkakan di kantong udara di ujung saluran paru-paru (vesikel). Alveoli akan mengandung cairan atau nanah yang akan menyebabkan batuk lendir karena sesak napas.
  8. Kusta
    Kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kulit, sistem saraf, selaput lendir, otot mata. Penyakit ini terkadang mengalami stigma negatif, sehingga pengobatannya terkadang tidak optimal, walaupun kusta dapat disembuhkan.
  9. Gonore (Gonore)
    Gonore atau gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan gonococcus. Kebiasaan buruk dari pasangan bersama adalah penyebab utama penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *