Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Sariawan menjadi salah satu penyakit yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Kondisi ini tak jarang sangat mengganggu ketika akan berbicara, makan, dll. Bahkan karena adanya sariawan juga bisa membuat nafsu makan penderitanya menjadi menurun. Sariawan umumnya muncul pada bagian bibir maupun lidah. Penyebab sariawan sendiri bisa bermacam-macam, seperti daya tahan tubuh yang lemah, kurangnya vitamin B12 ataupun asam folat, infeksi bakteri dan virus tertentu, atau juga bisa terjadi karena bagian lidah atau bibir tergigit ketika sedang makan atau berbicara. Sariawan yang dibiarkan begitu saja tentu membuat kurang nyaman dan tidak bersemangat. Maka dari itu perlu cara menyembuhkan sariawan yang dialami.

Siapapun bisa terkena penyakit sariawan, namun biasanya wanita lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan para pria. Hal ini terkait hormon menjelang menstruasi, menopause, maupun kehamilan. Selain itu, pada bayi dan anak-anak umumnya juga lebih rentan terkena sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan terbilang cukup mudah karena banyak obat penyembuh sariawan yang dijual di pasaran. Namun tentunya kita tidak tahu kandungan bahan yang terdapat di dalamnya. Sehingga menggunakan bahan alami menjadi salah satu cara yang cukup direkomendasikan untuk kesembuhan sariawan yang diderita.

Ada banyak sekali bahan alami di sekitar kita yang ternyata memiliki khasiat bagus untuk menyembuhkan sariawan. Adapun beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, antara lain:

  1. Madu.
    Bahan alami yang satu ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat sariawan alami yang ampuh. Untuk cara penggunaannya terbilang cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bagian yang terkena sariawan. Madu bersifat sebagai anti bakteri dan anti peradangan yang membantu mengurangi rasa perih dan membantu mempercepat pemulihan sariawan. Oleskan madu secara rutin pada sariawan yang diderita hingga sembuh. Setidaknya dengan pemakaian rutin selama 4 hari berturut-turut, sariawan akan berangsur-angsur sembuh.
  2. Air garam.
    Untuk meredakan sariawan, Anda bisa berkumur-kumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit. Sama seperti madu, garam juga memiliki sifat sebagai anti bakteri dan anti peradangan yang bagus untuk mencegah sariawan sekaligus juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, penggunaan air garam juga sangat bagus untuk mencegah terjadinya infeksi pada mulut. Cukup gunakan 1 ½ sendok teh garam pada satu gelas air hangat yang akan digunakan untuk berkumur.
  3. Kelapa.
    Kelapa diyakini mampu mencegah terjadinya peradangan luka semakin parah pada sariawan. Penggunaan kelapa sebagai obat alami sariawan terbilang cukup mudah. Dimana Anda hanya perlu mencampurkan madu dengan susu kelapa atau bisa juga minyak kelapa. Campuran dari bahan-bahan ini bisa Anda oleskan di bagian luka sariawan. Lakukan secara rutin selama 3-4 kali dalam sehari dan ulangi lagi di hari berikutnya sampai sariawan berangsur-angsur membaik.
  4. Kantong teh bekas.
    Kantong teh memiliki sifat basa yang berguna untuk menetralisir area mulut yang asam agar sariawan yang diderita tidak semakin sakit. Daun teh sangat berguna untuk melawan infeksi dan peradangan penyebab sariawan. Terlebih pada sisa teh yang telah diseduh sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan gusi. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan kantong teh celup bekas pada area yang mengalami sariawan selama 5 menit.
  5. Es batu.
    Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami lainnya juga bisa dengan memanfaatkan es batu. Caranya dengan cukup mengompres lidah dengan es batu yang sebelumnya sudah dibungkus menggunakan kain bersih. Atau bisa juga dengan mengulum es batu dan memposisikannya dekat dengan sariawan yang diderita hingga es batu mencair dalam mulut sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *