Mempertimbangkan Resep MPASI untuk Buah Hati Usia 6-8 Bulan

Di saat buah hati mulai memasuki usia 6 bulan, Anda tidak sabar untuk memberikan menu pendamping ASI untuknya. Setidaknya Anda harus pandai mencari resep MPASI 8 bulan bagi buah hati yang mudah dibuat dan tentunya enak.

Makanan padat pendamping ASI (MPASI) bagi buah hati berusia 6 hingga 8 bulan adalah hal baru baginya. Meningkatnya usia buah hati berarti kebutuhan nutrisi akan terus bertambah dan tidak bisa mengandalkan ASI saja. Karena itulah Anda harus memikirkan MPASI apa yang kiranya cocok untuk rentan usia buah hati. Setidaknya Anda memikirkan pemberian frekuensi, tekstur, jumlah, dan komposisi dari resep MPASI 8 bulan.

Berikan MPASI Berdasarkan Rentan Usia dan Varian Makanan

Pada kesempatan kali ini kami sudah menuliskan panduan pemberian resep makanan pendamping ASI bagi buah hati.

Buah hati berusia 6 bulan memiliki sistem pencernaan yang sedang berkembang secara baik, khususnya pankreas. Berkembangnya sistem tersebut, buah hati mampu mencerna dan mengolah berbagai makanan dengan kandungan serat, karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Artinya, rentan usia 6 hingga 8 bulan buah hati tidak memiliki pantangan khusus mengenai jenis makanan yang harus dikonsumsi. Meski semua jenis makanan bisa dikonsumsi, bukan berarti Anda sembarangan dalam meracik atau menentukannya. Berikut ini ada varian makanan yang bisa dikonsumsi buah hati berusia 6 hingga 8 bulan.

  • ASI menjadi yang utama.
  • Puree tahu
  • Puree sayur, seperti kacang polong, ubi manis, kentang manis, wortel yang sudah Anda kukus, buncis, dan labu siyam.
  • Anda bisa membuat puree dari kacang-kacangan, seperti polong, edamame, dan kacang hijau.
  • Puree buah, seperti pear, mangga, pepaya, alpukat, pisang, dan labu kuning.
  • Puree daging yang bisa Anda campurkan dengan sayur dan bubur beras. Anda bisa mencampurkan ikan, ayam, maupun daging merah.
  • Jangan lupa untuk memberi makanan dengan kandungan karbohidrat, seperti beras putih atau beras merah

Bagi buah hati berusia 6 hingga 8 bulan lebih 29 hari, perlu diperhatikan frekuensi pemberian makanan utama minimal 3 kali sehari. Anda bisa memberikan makanan selingan, seperti biskuit bayi, buah, ataupun ASI.

Selepas frekuensi pemberian makanan, tentukan jumlah makanan yang dikonsumsi buah hati. Rentan usia 6 hingga 8 bulan sudah saatnya Anda menaikkan jumlah takaran makanan. Setidaknya jumlah takaran makanan pendamping asing mulai dari dua hingga tiga sendok menjadi ½ cangkir di setiap pemberian. Ingat, pemberian makanan tersebut dilakukan secara bertahap. Apabila buah hati menerima metode pemberian makan tersebut, harapannya ketika usia 6 bulan 2 minggu, MPASI telah berjalan lancar. Dengan begitu buah hati tidak lagi menyembur segala makanan padat yang disuapkan.

Perhatikan pula tekstur makanan yang diberikan kepada buah hati. Pada bayi berusia 6 hingga 8 bulan harus diberikan makanan bertekstur lembut atau halus. Tujuannya adalah, agar buah hati mudah dalam mengunyah/memakannya. Anda bisa mengolah makanan padat berbentuk bubur saring, puree, ataupun makanan yang ditumbuk. Ada baiknya Anda memberikan sedikit air ketika mengolah makanan padat supaya teksturnya tidak terlalu keras ataupun encer. Bahwa tekstur makanan yang kenyal lebih mudah diterima bayi berusia 6 hingga 8. Pasalnya, jika tekstur makanan terlalu cair maupun keras ditakutkan membuat buah hati tersedak.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga berkenan dan selamat membuat resep MPASI 8 bulan bagi buah hati tercinta. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *