Menyediakan Insto Dry Eyes untuk Mengantisipasi Mata Kering Pada Ibu Hamil

Mungkin kehamilan menjadi idaman bagi sebuah keluarga. Namun, kehamilan ini akan berdampak pada perubahan tubuh bagi wanita, termasuk mata. Ketika masuk trimester ketiga kehamilan, acapkali ibu hamil mengalami beberapa gangguan. Gangguan tersebut, seperti nyeri punggung, lelah, mata sepet, memerah, dan gatal berlebihan.

Kondisi tersebut disebut sebagai dry eye syndrome atau sindrom mata kering yang akan terjadi selama masa kehamilan. Anda tidak perlu khawatir akan kondisi tersebut karena sifatnya tidak permanen. Namun, apabila Anda biarkan, tentu sangat berisiko terserang konjungtivitas hingga mengalami pembengkakan pada kornea.

Pada mulanya, mungkin Anda merasa jika gangguan mata mengering tersebut akan berlalu. Namun, Anda sadar jika hal ini bisa terjadi sepanjang hari. Tentu sangat mengganggu aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga. Mata lelah, sepet, hingga terasa panas merupakan masalah yang didasari oleh mata mengering.

Untuk lebih jelasnya alangkah baiknya Anda membaca informasi yang kami bahas kali ini. Pembahasan lengkap tentang penyebab hingga cara mengatasi mata mengering memungkinkan Anda bisa berjaga-jaga ketika mengalaminya.

Bahwa kehamilan memicu beragam akibat bagi tubuh bumil (ibu hamil), seperti perubahan pada tubuh hingga mata. Bahkan, ketika bangun pagi akan terasa perubahan tersebut, seperti mata mudah berair, mata perih, dan kondisi lainnya. Kondisi tersebut bisa disebabkan perubahan hormon, tepatnya produksi hormon androgen di dalam tubuh menurun dan menyebabkan mata mengering. Umumnya masalah ini akan terjadi sampai proses persalinan hingga menyusui.

Tidak hanya itu, banyak wanita/bumil yang pernah mengalami kondisi mata perih atau acap merasa sesuatu mengganjal. Mata yang kering ketika hamil bisa menyebabkan mata bumil lebih sensitif terhadap cahaya silau dan membuatnya terasa gatal.

Faktor lain yang menyebabkan mata mengering adalah menurunnya produksi air mata. Tentu hormon memengaruhi penurunan proses produksi air mata sehingga menyebabkan mata mengering pada bumil Tidak hanya itu, bumil pun bisa merasakan perih dan terasa terganjal oleh sesuatu seolah-olah kelilipan.

Faktor mata mengering yang dialami oleh bumil bisa dari proses kehamilan yang memengaruhi lapisan di air mata sehingga membuat mata mengering. Pengaruh tersebut disebabkan oleh meningkatnya reaksi kekebalan tubuh atau imun di kelenjar air mata (sel lakrimal) dan adanya kerusakan pada sel tertentu karena hormon prolaktin.

Masalah mata mengering pun dikarenakan dehidrasi. Permasalahan ini muncul ketika bumil berkali-kali mual dan muntah selama kehamilan awal, begitupun dengan faktor penggunaan obat antimual.

Permasalahan mata mengering bisa dikarenakan perubahan kelenjar minyak. Pada wanita terdapat kelenjar minyak yang mengalami perubahan ketika sedang masa kehamilan. Perubahan kelenjar tersebut bisa dikarenakan bumil rentan terhadap masalah kemunculan jerawat. Perubahan kelenjar pun bisa menghambat produksi lipid dan kelenjar minyak yang berguna untuk melembapkan mata. Akibat dari kondisi seperti itu adalah perubahan produksi air mata yang diperlukan. Ketika mata sedang berkedip dan menggosok mata, maka membuat mata akan mengering.

Upaya terbaik untuk mengatasi mata yang mengering adalah menyediakan obat tetes mata sebagai pengganti pelumas dari air mata. Insto Dry Eyes bisa menjadi pilihan cerdas bagi bumil. Selain itu, mengantisipasi kelelahan mata dan rasa sepet ataupun pegal, Anda bisa mengompres mata menggunakan air dingin maupun hangat sehari sekali. Di samping itu, Anda harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Debu, udara/cuaca kering, dan panas menyengat bisa memengaruhi kelembapan mata.

Sekian sudah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan diri Anda beserta janin. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *