Meredakan Hidung Tersumbat

Apakah Anda pernah mengalami hidung tersumbat? Meskipun tidak berbahaya, hidung mampet sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk beristirahat dengan nyaman pun menjadi susah karena hidung yang tersumbat. Hidung tersumbat disebabkan oleh pembengkakan jaringan dan pembuluh darah yang terletak di sekitar hidung akibat adanya kelebihan cairan.

Anda bisa menggunakan obat pilek untuk meredakan hidung mampet baik yang dijual bebas maupun dengan resep dokter. Obat yang umum digunakan bagi orang dewasa adalah dekongestan atau obat semprot hidung. Namun, jika bayi Anda yang sakit, pastikan mendapatkan obat pilek untuk bayi yang aman karena bisa berbahaya kalau Anda asal memberikan obat.

Dekongestan

Antialergi dan dekongestan sering digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Dekongestan dapat berbentuk obat oral maupun obat hirup yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu, pilek, sinusitis, atau alergi. Dekongestan bekerja dengan cara meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung sehingga saluran napas menjadi terbuka.

Antialergi

Obat semprot hidung yang mengandung oxymetazoline dapat digunakan untuk meringankan gejala pilek dan alergi. Obat semprot ini memiliki keunggulan lebih efektif daripada obat oral dalam meringankan gejala hidung tersumbat. Meskipun obat ini bekerja dengan cepat, namun obat semprot hidung yang mengandung oxymetazoline tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia enam tahun.

Menurut dosisnya, obat semprot ini dapat digunakan setiap 10 hingga 12 jam sesuai kebutuhan Anda, dengan catatan maksimal dua kali semprot per hari. Penggunaan obat semprot ini dibatasi agar tidak dipakai lebih dari tiga hari secara berurutan. Jika gejala penyakit Anda tidak kunjung membaik setelah tiga hari pengobatan, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Hidung tersumbat juga bisa Anda redakan dengan menghirup uap air hangat atau mencuci hidung dengan air garam. Saat Anda flu, usahakan banyak meminum air putih, minum makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Jika Anda mengalami gejala tambahan seperti terdapat darah pada ingus, ingus berubah warna menjadi hijau, atau disertai dengan suhu badan yang tinggi, segera temui dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *