Pengertian Dry Socket

Dry Socket Bukalah sebuah istilah untuk soket listrik yang kering. Namun ini adalah nama dari sebuah penyakit yang terjadi pada manusia yang biasanya menyerang pada bagian rongga mulut seseorang.

Penyakit ini juga sering dikenal dengan nama Alveolar Osteitis. Penyakit ini adalah rasa nyeri yang terjadi akibat setelah melakukan operasi cabut gigi. Akibat dari pencabutan gigi ini akan terjadi rasa nyeri yang amat luar biasa, yang bahkan terkadang penderitanya sampai tidak sanggup menahan rasa nyeri ini.

Berikut ini akan diberikan tentang penjelasan serta  pengertian dari apa itu Dry Socket, nyeri yang dapat terjadi setelah melakukan operasi cabut gigi.

Definisi Dari Dry Socket

Dry Socket biasanya terjadi pada rongga mulut yang juga diikuti dengan rasa sakit setelah menghilangnya darah akibat cabut gigi hingga menyebabkan terbukanya tulang yang rentan dengan paparan udara, makanan dan juga cairan yang juga disertai dengan bau mulut. Rasa sakit ini biasanya akan datang setelah 2 hari pasca operasi cabut gigi.

Rasa sakit ini dapat terjadi ketika gumpalan darah terbuang akibat operasi cabut gigi yang menyebabkan ujung – ujung serta tulang menjadi terbuka.  Apabila setelah melakukan pencabutan gigi dan mengalami Dry Socket, maka luka pasca operasi akan menjadi lebih lama sembuh . Sakit yang muncul biasanya akan terasa pada area pencabutan gigi lalu menyebar hingga sampai terasa di telinga bila gigi yang dicabut berasal dari rahang bawah, bila gigi pada rahang atas yang dicabut maka rasa sakitnya akan menyebar hingga ke area pelipis dekat dengan mata.

Sakit yang juga dikenal dengan sebutan Alveolar Osteitis ini umumnya merupakan rasa nyeri yang sangat sakit setelah cabut gigi, karena terjadi peradangan yang terjadi pada tulang gigi. Pada umumnya socket, atau ruang kosong dari gigi yang sudah dicabut akan diisi dengan gumpalan darah. Gumpalan darah ini berfungsi ini untuk melindungi tulang gigi dan juga sarafnya, sebelum area gigi tersebut tertutup dengan jaringan yang baru.

Namun ketika peristiwa Dry Socket terjadi, gumpalan darah yang seharusnya melindungi tulang rahang dan juga saraf tersebut tidak muncul, tidak terbentuk atau hilang ketika luka bekas operasi cabut gigi belum tertutup.  Dengan tidak adanya gumpalan darah ini, tulang rahang dan juga saraf – saraf gigi di area sekitar operasi cabut gigi menjadi terpapar dengan udara, terpapar makanan yang dikonsumsi dan juga berbagai jenis cairan yang masuk ke dalam mulut, hingga menyebabkan bau mulut.

Selain menimbulkan rasa sakit dan rasa nyeri yang sangat luar biasa, komplikasi setelah operasi cabut gigi juga dapat memicu terjadinya infeksi pada area tersebut.

Penyebab Dry Socket

Ternyata terdapat berbagai penyebab terjadinya rasa sakit ini seperti infeksi yang terjadi di dalam mulut, adanya gangguan hormon, terdapat kelainan struktur tulang rahang gigi, cedera yang berlebihan pada area tempat cabut gigi serta kebiasaan merokok yang dapat mengurangi pasokan darah ke mulut yang menyebabkan hilangnya gumpalan darah yang dapat membantu untuk menghindari dari Dry Socket.

Kebiasaan menyikat gigi dengan kasar, minum melalui sedotan juga bisa menghilangkan gumpalan darah yang berguna untuk melindungi tulang dan saraf pada gigi sehabis operasi cabut gigi.

Demikianlah penyebab serta pengertian secara umum dari Dry Socket yang biasa terjadi pasca operasi cabut gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *