Pentingnya Keratin Terhadap Rambut

Bagi kaum hawa rambut merupakan mahkota yang harus mendapatkan perhatian khusus supaya tetap sehat, indah, dan bebas dari kerusakan. Banyak faktor yang menyebabkan kualitas rambut menurun semakin hari. Anda harus tahu bahwa komponen penyusun yang menghasilkan rambut agar selalu sehat dan tampak berkilau adalah penggunaan keratin. Keratin adalah berasal dari 90% protein alami yang berasal dari dalam tubuh manusia.

Manfaat dan Fungsi Keratin pada Rambut

Tujuan dari keratin adalah menjaga dan membentuk rambut supaya sehat, lembut, dan kuat. Banyak manfaat yang didapatkan dari keratin, sehingga tidak mengherankan kalau protein alami satu ini mudah ditemukan di produk perawatan rambut.

Oh iya, keratin pun tidak hanya memberikan protein terhadap rambut. Keratin ikut berperan membentuk kuku, kulit, dan ada di dalam kelenjar internal tubuh manusia. Sistem kerja keratin, yaitu meresap ke folikel rambut dan akan menyatu dengan asam amino. Dari proses inilah asam amino akan memproduksi kandungan untuk menjaga ketahanan dan kekuatan yang dibutuhkan rambut. Dengan demikian, keratin yang sering Anda temukan di beberapa produk perawatan rambut memang bisa membantu memperkuat dan menjadikan rambut lebih sehat.

Penyebab Kualitas Rambut Menurun

Meskipun mempunyai berbagai macam manfaat bagi rambut, banyak salon kecantikan yang menawarkan keratin treatment. Salah satu treatment yang digunakan untuk merawat dan memperbaiki kerusakan rambut adalah rebonding maupun smoothing. Sebagian besar kaum hawa kami rasa pernah atau sekadar ingin meluruskan rambut menggunakan treatment ini. Kendati mampu meluruskan rambut, namun ada dampak negatif yang di hasilnya.

Bahwa treatment ini menggunakan bahan kimia sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan rambut jangka panjang. Apalagi ketika Anda hanya sekali saja menggunakan treatment ini dan sesudahnya tidak melakukan perawatan. Dipastikan kondisi rambut terlihat kering, bercabang, bahkan berubah warna agak kemerahan.

SelainĀ  treatment tersebut, penyebab rambut tidak mendapatkan protein keratin adalah semakin bertambahnya usia produksi protein akan mengalami penurunan. Begitupun dengan gaya hidup yang memengaruhi kadar keratin di dalam tubuh. Apabila Anda sering berada di luar ruangan yang mudah terpapar polusi, sinar matahari bisa menyebabkan produksi keratin berkurang.

Cara Mudah dan Murah Mendapatkan Keratin

Bisa dikatakan jika cara ini adalah opsi terbaik meski sampai detik ini Anda memiliki keinginan mengunjungi salon. Ya, tidak dipungkiri lagi jika banyak perempuan yang ingin mendapatkan rambut lurus, halus, dan sehat. Namun, harga yang dikeluarkan untuk mendapatkan perawatan tersebut tentunya tidak murah, apalagi Anda berkunjung ke salon ternama. Bisa-bisa isi dompet keluar hanya untuk keperluan perawatan rambut.

Tenang, Anda masih bisa mendapatkan perawatan rambut dengan memilih rangkaian produk yang diformulasi menggunakan keratin sebagai kandungan utama. Biasanya kandungan keratin bisa ditemukan di shampoo, argan oil, dan kondisioner. Dengan menggunakan produk tersebut maka rambut akan mendapatkan asupan protein dari luar sehingga akan terlihat lebih sehat. Selain itu, memilih shampoo harus mempertimbangkan kandungan lainnya, yakni jojoba oil, shea butter, dan marula oil yang membuat perawatan rambut semakin baik. Kandungan argan oil memiliki manfaat untuk melembutkan frizzy hair sehingga menciptakan rambut lebih berkilau dan tidak terlihat kering.

Dengan menggunakan shampoo berbahan keratin, jojoba oil, shea butter, dan marula oil maka rambut Anda akan terasa lembut meski hanya sekali keramas. Ketika selesai menggunakan produk tersebut adalah, rambut lebih mudah diatur, halus, tidak kusut, lebih lurus, tidak mudah kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *